Cara Mencegah Sinusitis

Cara Mencegah Sinusitis

Newautoglass –┬áSinusitis adalah peradangan pada dinding sinus, rongga kecil berisi udara di belakang tulang pipi, mata, dan dahi. Sinusitis adalah penyakit umum yang dapat menyerang siapa saja di segala usia. Kabar baiknya adalah ada tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah sinusitis dan mencegah gejala berulang pada Anda yang sudah menderita sinusitis.

Bagaimana mencegah sinusitis

Penyebab umum sinusitis adalah infeksi bakteri, virus, atau jamur. Berbagai kondisi kesehatan dapat menjadi faktor yang meningkatkan risiko Anda terkena gangguan hidung seperti sinusitis, masuk angin, alergi, struktur hidung yang bermasalah hingga sistem imun yang buruk. Selain itu kamu juga bisa menggunakan dr laser dan harga dr laser juga terjangkau.

Anda tidak perlu khawatir karena sinusitis merupakan kondisi yang bisa Anda hindari jika menjalani pola hidup sehat. Berikut beberapa tips pencegahan sinus yang bisa Anda ikuti setiap hari:

1. Cuci tangan Anda sesering mungkin

Mungkin tanpa disadari, Anda sering menyentuh mata, hidung, dan mulut. Alhasil, kuman bisa masuk ke tubuh melalui tiga “gerbang” utama ini dan membuat Anda rentan terhadap infeksi.

Oleh karena itu, mencuci tangan merupakan langkah preventif yang paling penting untuk menghindari sinusitis dan penyakit lainnya. Mencuci tangan juga membantu mencegah penyebaran kuman atau virus ke orang lain. Padahal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, rajin mencuci tangan bisa mengurangi masalah pernapasan, seperti flu biasa, sebesar 16% hingga 21%.

2. Hindari atau kelola stres dengan baik

Secara medis, saat Anda stres, hal itu memengaruhi sistem kekebalan Anda. Menurut laporan dari Cleveland Clinic, stres dapat memicu peningkatan kadar hormon kortisol dalam tubuh, yang berdampak pada peningkatan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, stres berpotensi menurunkan kadar sel darah putih dalam tubuh. Faktanya, sel darah putih memiliki peran penting dalam memerangi infeksi di tubuh Anda.

Akibatnya, tubuh Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah dan lebih rentan terhadap infeksi. Ingatlah bahwa sistem kekebalan yang lemah merupakan faktor risiko sinusitis.

Oleh karena itu, mengelola dan menghindari pemicu stres merupakan salah satu bentuk pencegahan sinusitis yang tidak boleh dianggap enteng. Anda bisa mencoba meditasi selama 10 sampai 15 menit 3-4 kali seminggu untuk mengurangi stres. Yoga juga dipercaya memiliki efek yang baik pada sistem kekebalan tubuh.

3. Makan makanan bergizi

Makan makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan bisa menjaga tubuh Anda tetap bugar. Kondisi tubuh yang prima dapat mendukung sistem imun.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dengan makanan yang Anda makan agar dapat mencegah terjadinya sinusitis. Menurut situs Pacific College of Health and Science, berikut adalah daftar makanan yang diyakini baik untuk mencegah peradangan sinus:

asam lemak omega-3 (salmon, sarden, tuna, alpukat, dan kenari)
vitamin C (sayuran, tauge, paprika, jeruk, stroberi)

4. Dapatkan vaksinasi flu setiap tahun

Juga di situs CDC, pencegahan flu berarti Anda perlu melakukan pencegahan sinusitis juga. Vaksin flu selalu didesain ulang agar sesuai dengan rantai virus yang berubah setiap tahun. Suntikan flu direkomendasikan untuk:

  • Semua anak berusia 6 sampai 18 tahun
  • Dewasa> 65 tahun
  • Orang dewasa berisiko tinggi mengalami komplikasi dari influenza
  • Pekerja perawatan kesehatan

Bagaimana cara mencegah sinusitis berulang?

Anda masih bisa terkena sinusitis meski sudah melakukan segala cara untuk mencegahnya. Gejala sinusitis biasanya berupa sakit tenggorokan, nyeri di dahi, hidung, atau sekitar mata, dan hidung tersumbat.

Akibat dari gejala tersebut tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga diperlukan upaya untuk mencegah sinusitis berulang.

Demikian langkah-langkah pencegahan sinusitis yang perlu Anda ketahui, baik bagi yang sedang berusaha terhindar dari penyakit ini maupun bagi yang sedang menderita radang sinus kronis.