Contoh Simbiosis Mutualisme Yang Harus Diketahui

Contoh Simbiosis Mutualisme Yang Harus Diketahui

Contoh simbiosis mutualisme – Mungkin kita sering mendengar kata simbiosis ketika kita belajar biologi. Padahal, kata simbiosis bukan berasal dari ilmu biologi tetapi berasal dari ilmu sosial. Menurut ilmu sosial, simbiosis digunakan untuk membahas interaksi antara manusia. Hanya antar manusia tanpa melibatkan organisme lain. Pengambilan kata simbiosis itu sendiri dipinjam dari bahasa Yunani, yang berarti hidup bersama.

Kata simbiosis mulai memasuki istilah biologi ketika digunakan oleh ahli biologi Jerman, bernama Albert Bernhard Frank. Istilah simbiosis digunakan untuk mempelajari kulit lumut.

Seorang ahli jamur Jerman bernama Heinrich Anton de Bary mendefinisikan simbiosis sebagai interaksi antara berbagai organisme. Sedangkan organisme yang berpartisipasi dalam interaksi simbiotik disebut simbiot.

Memahami simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua makhluk hidup yang menguntungkan kedua belah pihak. Ini berarti bahwa dalam simbiosis ini, dua makhluk hidup yang terlibat saling menguntungkan tanpa merugikan siapa pun.

Yang pertama adalah interaksi layanan-sumber daya yang meliputi penyerbukan, pembersihan dan penyebaran benih. Sedangkan yang kedua adalah interaksi layanan di mana kedua interaksi berkontribusi secara sama. Jenis ini juga termasuk sangat langka dan jarang ditemukan.

Ada juga simbiosis mutualisme yang merupakan kewajiban. Ini berarti bahwa organisme yang terlibat saling membutuhkan untuk bertahan hidup. Contoh simbiosis timbal balik dapat diamati di sekitar kita, baik pada hewan, serangga, burung, tanaman, bakteri, jamur dan bahkan manusia.

Contoh-Contoh Simbiosis Mutualisme

1. Bunga Dan Kupu-Kupu

Salah satu contoh simbiosis timbal balik yang paling terkenal adalah interaksi antara bunga dan kupu-kupu. Kupu-kupu mengisap madu dan nektar pada kelopak bunga untuk membuat makanan. Proses ini juga berkontribusi pada penyerbukan bunga.

Kupu-kupu yang mendapatkan makanan dalam bentuk madu dan nektar akan mendapat untung. Sedangkan bunganya juga mendapat manfaat karena proses penyerbukannya dibantu oleh kupu-kupu.

2. Zebra dan Burung Oxpecker

Hubungan antara keduanya adalah bahwa Oxpeckers mendarat di zebra dan kemudian memakan kutu dan parasit lain yang mendarat di kulit zebra. Zebra kemudian mendapat manfaat dalam bentuk pengurangan kutu dan parasit atau bahkan sampai kelelahan.

3. Bunga dan Kumbang

Contoh lain dari simbiosis mutualistik dalam bentuk penyerbukan bunga, yaitu interaksi bunga dengan kumbang. Contoh ini adalah proses yang sama dengan hubungan antara bunga dan lebah atau bunga dan kupu-kupu. Kumbang akan mendapatkan nektar dan membantu proses penyerbukan bunga.

Kumbang akan mendapat untung dengan mendapatkan makanan dalam bentuk madu dan nektar. Meskipun bunga juga bermanfaat karena proses penyerbukan dibantu oleh kumbang.

4. Tumbuhan dan Semut Rangrang

Mungkin keberadaan semut ini akan mengganggu kita saat memetik atau mengambil buah. Namun perlu diperhatikan bahwa keberadaannya sangat bermanfaat bagi tanaman berbuah. Karena semut akan melindungi tanaman dari hama yang merusak tanaman berbuah ini.

Kemudian, keuntungan yang diperoleh semut adalah kisaran, yaitu semut membuat sarang di tanaman berbuah ini. Dengan kata lain, hama yang muncul akan dianggap sebagai perusak rumah semut besar.

5. Semut dan Burung Pelatuk

Hubungan yang dapat terjadi antara pelatuk dan semut adalah ketika pelatuk bersarang dan bertelur di pohon tempat semut tinggal. Pelatuk akan mendapat manfaat karena semut akan melindungi telurnya. Semut diuntungkan karena mereka dilindungi terhadap predator semut.

6. Burung Jalak dan Kerbau

Hubungan ini adalah salah satu yang sering kita baca ketika kita mempelajari simbiosis ini: jalak umumnya mendarat di tubuh kerbau untuk memakan kutu yang bertengger di tubuh kerbau. Meskipun kerbau mendapat manfaat dari burung ini, karena berkurangnya kutu kepala atau bahkan sampai kutu habis dari tubuh kerbau.