Jenis Kayu Yang Tepat Dalam Pembuatan Furniture

Jenis Kayu Yang Tepat Dalam Pembuatan Furniture

Newautoglass –┬áKarena pentingnya fungsi kayu dalam bangunan terutama dalam pembuatan furniture. beberapa jenis kayu dengan kualitas terbaik dan dapat digunakan sebagai furniture atau perabot, yaitu:

Kayu jati

Tentunya banyak orang yang mengenal kayu ini. Kayu Jati (Jati: Inggris) juga memiliki nama ilmiah yang bagus, Tectona Grandis. Kayu jati berwarna agak coklat kekuningan dan banyak ditemukan di pulau Jawa dan Sulawesi. Meski berada di Sumatera dan Kalimantan, kayu jati belum bisa tumbuh maksimal karena kandungan tanah di kedua pulau ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Dalam industri furniture, minyak jati menjadi primadona. Bisa dikatakan kayu ini termasuk jenis kayu premium. Kayu jati dapat digunakan hingga beberapa dekade sebagai furniture atau material furniture. Faktor umur merupakan faktor yang mempengaruhi harga kayu jati menjadi mahal. Selain itu, banyak orang yang mencari faktor supply dan demand, namun stoknya terbatas.

Kayu jati lebih tahan lama dibandingkan kayu lainnya karena mengandung banyak minyak alami. Meski begitu, itu menjadi kelemahan kayu jati. Karena kayu jati memiliki banyak minyak alami, maka tidak cocok untuk menggunakan finishing solid dengan warna cerah seperti putih, merah, hijau, dll. Karena lama kelamaan akan melepaskan minyak alami yang menyebabkan noda menguning pada furnitur. Untuk warna satu warna gelap, seperti hitam atau cokelat, noda minyak alami masih bisa ditolerir, namun jika diperhatikan secara detail tetap mengganggu keindahan.

Kayu jati cocok untuk kebanyakan jenis produk furniture, namun perlu diperhatikan jenis perawatan permukaannya terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan finishing warna natural, selain menghindari kesan noda, warna natural akan menciptakan guratan serat alami yang indah. Inilah yang dicari oleh para pecinta furnitur. Pembentukan serat bisa menjadi nilai tambah atau kepuasan bagi mereka.

Selain itu, teh adalah jenis kayu keras. Inilah keunggulan kayu jati karena tidak akan mudah rusak jika terkena benturan sehingga sering digunakan untuk membuat meja makan jati oleh para pengrajin mebel jati.

Keunggulan dari kayu jati

  • Lebih tahan lama.
  • Memiliki potongan serat yang bagus dan berbeda.
  • Tahan benturan.

Kelemahan kayu jati

  • Harganya lumayan mahal.
  • Tidak cocok untuk digunakan dengan hasil akhir satu warna.

Kayu mahoni

Selain kayu jati, mahoni merupakan salah satu bahan baku utama produksi mebel jepara. Jika kayu jati lebih dipuja di pasar lokal, maka mahoni sudah menjadi idola di luar negeri, terutama di negara-negara Eropa. Sehingga banyak pemilik furniture Jepara yang menggunakan kayu mahoni ini, terutama untuk produk ekspor.

Kayu mahoni memiliki serat yang lebih halus dari pada kayu jati. Memiliki pori-pori yang kecil, sehingga produk furniture yang dihasilkan juga sangat halus. Warna mahoni agak kemerahan di bagian dalam dan coklat tua di bagian luar.

Meski dengan diameter yang sama, harga kayu mahoni mungkin lebih murah dibandingkan dengan kayu jati, namun pada prakteknya tidak demikian. Hal ini karena:

Kayu yang dapat digunakan harus lebih tinggi dari 30 cm. Kayu mahoni setinggi 30 cm, tidak seperti kayu jati, memiliki struktur yang kurang stabil saat digunakan untuk furnitur. Selain itu, kayu akan mudah menyusut dan lebih rentan terhadap hama. Berkat penggunaan kayu berdiameter besar tentunya hal ini berpengaruh pada biaya produksi.
Jenis mahoni tidak sekeras kayu jati. Hal ini membuat kayu mahoni lebih rentan terhadap serangan hama. Biasanya kayu mahoni terlebih dahulu direndam dalam cairan pengendali hama sebelum diolah. Ada juga yang memasaknya untuk benar-benar terhindar dari hama. Proses tersebut juga akan mempengaruhi harga akhir produk mahoni.

Jika Anda menginginkan hasil akhir warna, desain kami adalah kayu mahoni. Hal ini dikarenakan kandungan minyak alami pada mahoni tidak sebanyak kayu jati, sehingga penampilannya bertahan lebih lama dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat kayu mahoni

  • Harganya pun relatif lebih murah dibanding jati.
  • Karakter kayu lebih ringan.
  • Cocok untuk digunakan dengan satu warna finishing.

Kekurangan kayu mahoni

  • Serat tidak sekuat kayu jati.
  • Mudah terserang hama jika penanganannya tidak tepat sejak awal.

Kayu Trembesi

Kayu ini biasanya digunakan sebagai peneduh jalan raya. Mampu hidup di lingkungan dengan sedikit air atau panas. Tumbuh relatif lebih cepat dari pohon lain. Oleh karena itu sering dijumpai bahwa ukuran kayu ini, berbeda dengan kayu jati, berukuran besar. Biasanya digunakan untuk produk furniture yang konstruksinya mendukung kekuatan dari produk itu sendiri, misalnya tabel tetap dibawah ini.

Kayu trembesi memiliki serat-serat halus seperti kayu jati. Seratnya khas dan teratur. Kesan elegan kuat berkat seratnya. Saat masih berupa pohon, mampu menahan cuaca ekstrim. Namun begitu sudah menjadi kayu, tidak kuat jika diletakkan di luar ruangan. Lebih cocok untuk produk interior yang tidak memiliki sambungan konstruksi, pola kokoh kasar atau untuk pahatan besar.

Manfaat kayu trembesi

  • Kayunya hampir mirip dengan kayu jati, sangat bagus.
  • Ini bisa digunakan sebagai furnitur besar.
  • Cocok untuk patung berukuran besar.

Kelemahan Kayu Asam

  • Tidak terlalu kuat
  • Mudah rusak
  • Mudah terserang hama
  • Tidak cocok untuk penggunaan di luar ruangan