Pengertian Content Marketing dan Bentuk-Bentuknya

Pengertian Content Marketing dan Bentuk-Bentuknya

Newautoglass – Di kalangan pemasar online, ada ungkapan terkenal, “Konten adalah raja”, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Konten adalah raja”. Beberapa orang mungkin bertanya-tanya mengapa konten begitu penting sehingga disebut “raja”.

Konten sangat penting dalam dunia pemasaran online. Konten adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan suatu pesan kepada publik. Tanpa konten, pemasaran media sosial dan upaya SEO tidak akan membuahkan hasil. Bayangkan, Anda hanya membuat akun bisnis di Facebook atau Instagram tanpa rutin memposting konten. Tentu saja, akun trading tersebut sia-sia. Hal yang sama berlaku untuk situs web atau blog bisnis. Sebuah situs web atau blog yang tidak pernah diperbarui dengan konten tidak akan memberikan hasil apa pun untuk bisnis Anda.

Memahami pemasaran konten

Setelah memahami apa itu konten, selanjutnya saya akan membahas tentang pemasaran konten. Definisi pemasaran konten cukup sederhana. Menurut Content Marketing Institute, pemasaran konten adalah teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan dan penyampaian konten yang relevan, relevan, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan mengubah mereka menjadi konsumen.

Ada dua elemen penting dalam pemasaran konten. Pertama, konten harus memenuhi tiga persyaratan ini: penting, relevan, dan konsisten. Karenanya, Anda tidak bisa sembrono saat membuat konten untuk pemasaran konten. Konten tersebut harus memenuhi tiga syarat di atas. Anda perlu membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda menjalankan bisnis fashion. Selanjutnya, Anda perlu membuat beberapa konten terkait mode.

Bentuk pemasaran konten

Bentuk pemasaran konten sangat beragam. Berikut adalah beberapa bentuk pemasaran konten yang paling sering digunakan oleh Pembicara Internet Marketing

Blog

Blog adalah bentuk pemasaran konten yang paling dasar dan penting. Platform ini penting untuk pemasaran konten bukan tanpa alasan. Blog memungkinkan Anda untuk menulis ide dan informasi lengkap dalam satu artikel. Selain itu, konten blog merupakan investasi jangka panjang karena tingkat resistensi konten blog paling tinggi dibandingkan jenis konten lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Social Media Online Class, konten blog bisa sampai dua tahun lamanya.

Ebook

Terkadang Anda membutuhkan media yang lebih panjang dari postingan blog, Anda bisa memanfaatkan eBook. EBook juga merupakan bentuk pemasaran konten yang dapat Anda percayai. Anda dapat mengatur kondisi untuk dapat mendownload eBook Anda, pengguna harus memasukkan alamat email mereka terlebih dahulu. Jadi Anda bisa mendapatkan arahan melalui eBook yang kemudian dapat Anda ubah menjadi konsumen masa depan.

Video

Video juga merupakan jenis konten yang perlu Anda perhatikan untuk pemasaran konten. Karena video marketing bisa membuat pengunjung Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk ngeblog. Semakin banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di blog, semakin baik nilainya di Google. Menurut penelitian iMPACT, video meningkatkan lalu lintas organik sebesar 157%.

Surel

Email juga merupakan bentuk pemasaran konten yang populer. Efektivitas email untuk tujuan pemasaran tinggi, yaitu 40 kali lebih efektif daripada Facebook dan Twitter. Bentuk konten dalam pemasaran email bervariasi. Dari email promosi, email pengingat keranjang, buletin hingga promosi eBook.

Media sosial

Jejaring sosial juga merupakan bagian dari pemasaran konten. Namun, karena pembahasan tentang pemasaran media sosial terlalu luas, media sosial memiliki cabang tersendiri di dunia pemasaran yaitu pemasaran media sosial. Untuk lebih memahami pemasaran media sosial, Anda dapat membaca artikel di Panduan 2019 Untuk Pemasaran Media Sosial.