Pola Penyajian Teks Biografi dan Unsur Kebahasaannya

Pola Penyajian Teks Biografi dan Unsur Kebahasaannya

Newautoglass – Dalam menulis teks biografi, ada yang namanya pola penyajian. Pola penyajian ini berguna untuk memandu penulis menulis sebuah teks biografi.

Dengan adanya pola, maka penulis dimudahkan ketika melakukan pekerjaannya. Lalu bagaimana pola penyajian teks biografi itu? Berikut penjelasannya.

Pola Penyajian Teks Biografi

1. Alur Cerita

Alur cerita adalah rangkaian bagaimana jalannya kejadian-kejadian yang dialami tokoh biografi terjadi dalam cerita. Terdapat 3 alur cerita, yaitu:

  • Alur maju, rangkaian kejadian cerita yang dikisahkan dari masa lalu menuju masa sekarang.
  • Alur mundur, rangkaian kejadian cerita yang dikisahkan dari masa sekarang atau akhir cerita menuju masa lalu atau awal cerita. Kebalikan dari alur maju.
  • Alur campuran/maju mundur, rangkaian kejadian cerita yang dikisahkan dari masa klimaks lalu melihat lagi ke masa lalu, sebelum akhirnya kembali lagi ke awal. Campuran dari alur maju dan mundur.

2. Sudut Pandang (point of view)

Sudut pandang adalah cara pandang penulis dalam menyampaikan cerita tokoh biografi. Ada 2 macam sudut pandang, yakni:

  • Sudut pandang orang pertama (tokoh utama), penulis adalah tokoh utama dalam kisah tersebut.
  • Sudut pandang orang ketiga, penulis menceritakan cerita orang lain dengan menyebutnya menggunakan kata ganti ia, beliau, atau dia. Ini merupakan jenis sudut pandang yang digunakan dalam teks biografi.

3. Gaya Penulisan

Gaya penulisan teks biografi adalah deskriptif naratif. Jadi cerita disampaikan dengan paragraf-paragraf deskripsi secara naratif atau narasi.

4. Fokus Penceritaan

Fokus penceritaan adalah topik utama dari tokoh yang akan diceritakan. Hal ini bergantung pada apa yang membuat tokoh tersebut begitu terkenal atau pengaruh apa yang diberikannya kepada masyarakat luas.

Contohnya, pada teks biografi BJ. Habibie maka yang menjadi fokus penceritaan adalah keberhasilan karirnya menjadi perancang pesawat dan Presiden RI.

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi memiliki beberapa unsur kebahasaan yang harus dipatuhi. Berikut ini unsur-unsur kebahasaan teks biografi yang dilansir dari web belajar online Pendidikanpedia:

1. Kata Hubung

Kata hubung adalah kata yang berfungsi menghubungkan antara satu kata dengan kata lainnya. Dengan menggunakan kata hubung, sebuah kalimat menjadi lebih efektif dan mudah dimengerti ketika dibaca.

Kata hubung juga sering disebut dengan istilah konjungsi. Konjungsi dibagi menjadi 2, yaitu konjungsi intrakalimat dan konjungsi antarkalimat.

Konjungsi intrakalimat adalah kata hubung yang berfungsi menghubungkan satu klausa dengan klausa lain yang masih satu kalimat. Contoh konjungsi intrakalimat antara lain dan, lalu, kemudian, tetapi.

Konjungsi antarkalimat adalah kata hubung yang berfungsi menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain dan dipisah oleh tanda titik. Contoh konjungsi antarkalimat antara lain oleh karena itu, maka dari itu, meskipun demikian, oleh sebab itu.

2. Penanda Waktu, Tempat, dan Cara

Penanda waktu adalah kata yang menunjukkan waktu. Contoh penanda waktu antara lain ketika, saat, dan lain-lain.

Penanda tempat adalah kata yang menunjukkan tempat. Contoh penanda tempat antara lain di, dalam, dan lain-lain.

Dan penanda cara adalah kata yang menunjukkan cara tokoh melakukan sesuatu. Contoh penanda cara antara lain dengan, menggunakan, dan lain-lain. Unsur penanda ini akan memberikan variasi dalam teks biografi sehingga pembaca tidak merasa bosan.

3. Rujukan Kata

Rujukan kata adalah kata yang merujuk pada sesuatu yang sudah lebih dulu disebutkan sebelumnya. Fungsi rujukan kata adalah supaya penulis tidak perlu mengulang-ulang kata atau kalimat yang sama.

Contoh rujukan kata adalah itu, ini, di situ, di sini, dalam hal ini, dan lain sebagainya. Rujukan kata akan memberikan variasi dan sebaiknya digunakan secara bergantian agar teks biografi tidak monoton atau hanya itu-itu saja.

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Sering sekali orang tidak bisa membedakan antara biografi dan autobiografi. Hal ini memang wajar. Karena keduanya memiliki struktur dan nuansa yang sama.

Akan tetapi, terdapat perbedaan yang lumayan mencolok antara kedua hal tersebut. Apa sajakah itu? Berikut tabel perbedaan biografi dan autobiografi.

No.BiografiAutobiografi
1Ditulis oleh orang lain.Ditulis sendiri oleh orang atau tokoh yang bersangkutan, atau mengatasnamakan tokoh tersebut. Kata “auto” menunjukkan arti “sendiri”. Jadi, autobiografi adalah teks biografi yang dibuat dan ditulis oleh diri sendiri.
2Ditulis dengan sudut pandang orang ketiga.Ditulis dengan sudut pandang orang pertama.
3Bersifat lebih objektif. Karena penulis bukan tokoh yang diceritakan. Apalagi jika penulis adalah seorang profesional yang menulis teks biografi sebagai bentuk edukasi kepada publik, bukan karena agenda khusus.Bersifat lebih subjektif. Karena ditulis oleh orang yang bersangkutan. Ada subjektivitas yang cukup kuat di dalamnya. Penulis cenderung menutupi hal-hal yang tidak ingin diketahui masyarakat tentang dirinya. Ada juga curahan perasaan, keinginan untuk membuat diri sendiri seolah-olah seperti tokoh heroik, atau membenarkan pilihan hidup yang sudah dibuatnya.
4Lebih formal. Karena ditulis oleh orang lain, sehingga suasana perasaan yang ada di dalamnya berasal dari penulis, bukan tokohnya secara langsung.Lebih intim. Karena disampaikan secara langsung oleh tokohnya, sehingga kamu bisa lebih memahami perasaannya.
5Dibutuhkan riset yang mendalam dan wawancara apabila diperlukan. Hal-hal yang dimasukkan juga harus sesuai dengan izin dan pesetujuan orang yang bersangkutan atau pihak terkaitnya, misalnya keluarga.Tidak dibutuhkan riset yang mendalam. Tokoh yang bersangkutan sudah pasti tahu kisah hidupnya sendiri.
6Bisa ditulis kapan saja. Bahkan bertahun-tahun setelah tokoh meninggal dunia. Karena yang menulisnya adalah orang lain.Hanya bisa ditulis ketika tokoh masih hidup. Karena yang menulis adalah dirinya sendiri.

Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Biografi Beserta Jawabannya

Mengerjakan latihan soal akan membantu kamu memahami materi teks biografi ini lebih baik lagi. Oleh karena itu, Pendidikanpedia menyediakan contoh soal pilihan ganda teks biografi dan jawabannya di bawah ini.

Catatan: Jawaban yang benar ditebalkan.

1. Manakah struktur teks biografi yang benar…

A. Orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi
B. Orientasi, perkenalan, klimaks, koda
C. Orientasi, permintaan, penawaran, persetujuan, penutup
D. Orientasi, isi, reorientasi
E. Orientasi, argumentasi, penegasan ulang

2. Bagian yang menjelaskan tentang perkenalan tokoh termasuk ke dalam struktur teks biografi…

A. Peristiwa dan masalah
B. Perkenalan
C. Pembuka
D. Orientasi
E. Reorientasi

3. Teks tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain disebut…

A. Teks eksplanasi
B. Teks eksposisi
C. Teks biografi
D. Teks prosedur
E. Teks ceramah

4. Teks biografi yang ditulis oleh tokohnya sendiri adalah…

A. Biografi intelektual
B. Biografi jurnalistik
C. Biografi politik
D. Buku biografi
E. Autobiorafi

5. Ada berapa pola penyajian teks biografi…

A. 3
B. 4
C. 1
D. 2
E. 5

6. Berdasarkan sisi penulisnya, teks biografi dibagi menjadi…

A. 1 jenis
B. 2 jenis
C. 3 jenis
D. 4 jenis
E. 5 jenis

7. Biorafi karir adalah jenis teks biografi yang menjelaskan tentang…

A. Seluruh perjalanan hidup tokoh
B. Latar belakang keluarga tokoh
C. Latar belakang pendidikan tokoh
D. Latar belakang prestasi tokoh di sekolah
E. Perjalanan karir tokoh sampai berhasil meraih kesuksesan

8. Berikut di bawah ini merupakan ciri-ciri teks biografi, kecuali…

A. Dibuat berdasarkan informasi dan fakta
B. Disajikan dalam bentuk narasi
C. Diakhiri dengan struktur penutup
D. Memiliki struktur yang jelas
E. Menggunakan bahasa yang jelas dan lugas

9. Kata hubung dalam unsur kebahasaan teks biografi disebut juga…

A. Konjungsi
B. Verba
C. Kata benda
D. Adjektiva
E. Kata depan

10. Orang yang menjadi objek biografi biasanya adalah orang yang…

A. Biasa saja
B. Fenomenal atau terkenal
C. Bermain sepak bola
D. Bekerja keras
E. Rajin

Nah itu dia pembahasan mendalam terkait pola penyajian teks biorafi beserta contoh soal dan jawabannya. Bagaimana? Apakah kamu sudah mengerti? Jika belum, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar berikut ya!