Review Laptop Gaming ASUS Zephyrus M15 GU502L

Review Laptop Gaming ASUS Zephyrus M15 GU502L

Newautoglass –¬†ASUS Zephyrus M15 menggunakan sasis logam. ASUS menggunakan aluminium di bagian depan dan memiliki desain yang disebut ujung prismatik. Yang saya suka adalah tidak adanya pencahayaan RGB di bagian depan, yang terkadang membuat kesan lengket. Berbeda dengan seri ROG lainnya, Zephyrus M15 tidak memiliki tombol numerik di sebelah kanan. Namun, terdapat beberapa tombol tambahan di bagian atas yang memiliki fitur lebih baik untuk bermain game, seperti tombol volume, mikrofon, dan ROG. Keyboardnya sendiri juga menggunakan backlight LED warna RGB yang bisa diubah melalui Aura Creator.

Keyboard yang ada juga memiliki teknologi yang disebut rollover N-Key. Teknologi ini memastikan bahwa setiap klik ditekan dengan benar dan dapat dilakukan dengan sangat cepat. Dan di bagian bawah keyboard terdapat touchpad yang berfungsi seperti mouse. Laptop ini menggunakan layar berukuran 15,6 inci dengan tipe IPS. Layarnya sendiri juga mendukung refresh rate 240 Hz dengan response time 3 ms. Untuk rangkanya juga didesain dengan dimensi yang tipis di sisi kanan dan kiri serta di bagian atas. Namun, Anda tidak bisa menemukan webcam di laptop yang satu ini.

Di sisi kiri ASUS ROG Zephyrus M15 Anda akan menemukan port DC-In, LAN, HDMI, USB 3, mikrofon, dan audio 3,5 mm. Di sisi kanan ada satu port USB-C dan dua USB 3. Asus menempatkannya di bagian belakang Zephyrus M15 untuk meledakkan pertukaran udara dari dalam laptop ini. Berikut review dari duniamasa.

Uji

ASUS Zephyrus M15 menggunakan prosesor Intel terbaru yang diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2020. Menampilkan arsitektur yang disebut Comet Lake, Intel Core i7 10750H memiliki 6 inti dan 12 utas. Sayangnya, Intel masih menggunakan proses manufaktur 14 nm. Namun tampaknya 14 nm yang digunakan Intel memang paling optimal. Intel Core i7 10750H sendiri memiliki kecepatan 2,6 GHz. Turbo-nya bisa mencapai kecepatan 5 GHz, tapi selama pengujian saya hanya mendapat 4.2 GHz. Mungkin karena cuacanya panas, Thermal Speed terdeteksi pada batas maksimumnya.

ASUS ROG Zephyrus M15 juga memiliki dua grafik. Yang pertama adalah grafis Intel UHD 630 terintegrasi dan yang kedua adalah NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti. Tentu saja, dalam tes ini saya hanya menggunakan grafik diskrit untuk menghemat waktu. Gunakan grafis Intel UHD 630 terintegrasi untuk menghemat daya baterai. Dalam pengujian ini, saya membawa kembali laptop ASUS TUF Gaming A15. Pasalnya, performa keduanya hanya sedikit terpacu. Selain itu, kami juga dapat membandingkan performa antara kedua prosesor tersebut. Untuk kartu grafisnya memang menggunakan GeForce RTX2060, yang tentunya lebih baik dari GTX 1660 Ti, di mana kita bisa melihat perbedaan performa di antara keduanya.

Baterai

Kami menguji laptop ini berdasarkan berapa lama perangkat dapat menonton file video 1080p. Perhatikan bahwa tidak ada pengujian baterai tunggal yang dapat memberikan hasil yang sama seperti penggunaan sehari-hari. Hanya saja dilakukan investigasi untuk mengukur penggunaan laptop. Alhasil, menonton video sebenarnya bisa memakan waktu 7 jam 44 menit untuk laptop ini. Tentunya hasilnya bisa lebih awet jika digunakan dalam penggunaan Office yang ringan. Namun saat digunakan untuk mengirim video dan bermain game, sepertinya lebih cepat habis.

Pengucapan

Ketika kita mendengar kata ‘rekomendasi laptop gaming‘, jelas itu adalah notebook tebal dan berat yang terlintas di benak kita. Namun, hal inilah yang ingin diabaikan oleh ASUS dengan merilis seri Zephyrus. Salah satunya adalah ASUS Zephyrus M15 GU502L.

Menggunakan prosesor Intel Core i7-10750H sudah berarti otomatis laptop ini kencang. Pencapaian ini bisa dilihat dari benchmark yang sudah saya lakukan sebelumnya. Hasilnya bisa membuat gamer dan pembuat konten lebih nyaman dalam perjalanan karena performanya yang cepat dan bobot yang ringan. ASUS Zephyrus M15 dengan prosesor Intel Core i7-10750H dan GPU NVIDIA GeForce GTX 1660Ti dijual dengan harga banderol Rp. 28.999.000. ASUS juga memiliki versi lebih tinggi yang menggunakan GPU Intel Core i7-10875H dan GeForce GTX 2060 dan GTX 2070. Tentunya, ketiga varian tersebut memungkinkan pengguna untuk bermain dan bekerja dengan nyaman.