Tanaman Hias dalam Ruangan Rumah yang Cantik dan Bermanfaat

Tanaman Hias dalam Ruangan Rumah yang Cantik dan Bermanfaat

Newautoglass – Tanaman hias biasanya terdapat di taman atau teras rumah. Dengan hadirnya tanaman hias, rumah sederhana pun akan terlihat indah dan asri. Jika selama ini Anda hanya mengenal tanaman hias yang ditanam di taman, ada juga tanaman hias di dalam ruangan rumah. Bagaimana Anda menanam tanaman di dalam ruangan ketika tanaman membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis? Jangan khawatir, ada beberapa tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Selain sebagai pemanis ruangan, tanaman hias juga memiliki sejumlah manfaat, di antaranya menyegarkan udara. Beberapa tanaman yang bisa ditanam di dalam ruangan dan juga berguna untuk menetralkan udara akan dijelaskan secara sederhana di artikel Bunga Papan Makassar ini.

Jenis-jenis tanaman hias hias

Tanaman Walisongo

Dilihat dari namanya, mungkin sedikit aneh jika tanaman tersebut memiliki nama tersebut. Tanaman Walisongo ini sebenarnya memiliki nama asli Schefflera. Karena nama aslinya cukup sulit untuk diucapkan, orang Indonesia umumnya menyebutnya sebagai tanaman walisongo. Tidak ada yang tahu mengapa tanaman ini populer dengan sebutan seperti itu. Yang jelas, tanaman ini sangat cocok ditanam di dalam ruangan. Ini adalah tanaman hias yang indah. Schefflera sangat mudah dikenali karena karakteristik fisiknya yang mencolok. Daun tanaman ini berbentuk lonjong dengan warna yang sangat cerah jika terkena sinar matahari. Tanaman ini sangat kuat karena tidak mudah berdebu. Selain terlihat kokoh, tanaman ini juga mampu menyerap racun berbahaya seperti formaldehida, toluena, dan benzena. Tanaman ini sangat baik ditempatkan di daerah yang sering terpapar asap rokok.

Anggrek Bulan

Anggrek merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia. Tumbuhan ini sangat beragam, bahkan ada hampir 6000 spesies. Beberapa di antaranya termasuk jenis anggrek yang langka. Kali ini, tanaman hias yang cantik adalah anggrek bulan. Selain digunakan sebagai pemanis lingkungan, anggrek bulan juga berguna untuk menyerap zat berbahaya yang disebut xylene. Zat ini banyak ditemukan pada cat dan lem. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok untuk rumah yang baru saja direnovasi atau dibangun. Selain membersihkan udara dari polutan yang terbawa cat atau lem, tanaman cantik ini juga bisa menghilangkan stres karena keindahannya.

Massangeana Cane atau Bunga Andong

Padahal, nama bunga ini sangat sulit diucapkan oleh orang Indonesia. Tebu Massangeana atau yang dikenal masyarakat sebagai bunga Andong sangat cocok ditanam di dalam rumah. Sebagai tanaman hias rumah, tanaman ini memberikan manfaat untuk penyerapan formaldehida dari udara. Tanaman asli Afrika ini sangat cocok untuk dekorasi rumah.

Bunga Anthurium

Bunga ini tidak hanya mampu menetralkan udara. Anthurium juga memiliki bunga yang indah saat mekar. Daunnya yang agak gelap mampu menyerap zat berbahaya yang ada di udara, seperti amonia, xilena, formaldehida, dan toluena. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di ruang kerja, terutama di dekat laptop, printer atau mesin fotokopi.

Sumber: Karangan Bunga Makassar